Sabtu, 17 Desember 2011

Bagaimana sih cara membuat video melalui Windows DVD Maker ?

Windows DVD Maker adalah perangkat lunak yang dimasukkan ke dalam sistem operasi Windows Vista Home Premium dan Ultimate. Perangkat ini digunakan untuk membuat DVD film setelah disunting dengan Windows Movie Maker. DVD Maker dapat bekerja sama dengan perangkat lunak lain untuk menggunakan MPEG-2 video dan Dolby Digital audio lewat XML.

Video-video ini adalah hasil rekaman dari sebuah kamera saku yang sudah di-copy ke dalam komputer.

Pilih video-video yang hendak Anda gabungkan dan ‘drag’ ke dalam Movie Maker. Anda bisa mengatur urutan video dengan menggunakan cursor (panah),

Setelah urutan video diperoleh, cara paling cepat untuk memadukannya adalah dengan menggunakan fungsi ‘AutoMovie themes’. Piliha saja theme mana yang disukai dan Movie Maker akan langsung memutar preview hasilnya. Jika sudah cocok, klik pada theme yang disukai.

Apabila Anda belum memasukkan audio, Movie Maker akan meminta Anda memasukkan audio.

Bisa dilihat, kini audio (track hijau) sudah dipadukan dalam video Anda.

Sekarang, Anda bisa mengganti judul video dengan mengklik pada tampilan judul.
Catatan: Anda juga bisa mengganti tampilan pada akhir video (director, dll) dengan mengisikan nama-nama sesuka Anda. Dan, selesailah proses singkat menggabungkan video-video perjalanan Anda.

Anda bisa menyimpan project video Anda dalam bentuk file Movie Maker (pastikan semua file “mentah” masih ada).


Jika ingin membagi atau menyimpan dalam bentuk yang mudah dibaca beragam player, Anda bisa memilih ‘save movie’. Anda akan diberikan pilihan beragam format yang umum digunakan.

Nah, ternyata mengedit video bisa sangat mudah jika Anda menggunakan Windows Movie Maker. Ingat, software ini gratis seumur hidup untuk pengguna Windows 7. Jadi, saat Anda memilih notebook Acer yang tepat, pastikan bahwa notebook tersebut sudah dilengkapi Windows 7 agar Anda bisa memperoleh beragam software yang sangat berguna seperti Movie Maker ini.

4 komentar:

  1. hemm, kq beda ya ama pnya aku gmbar.a

    BalasHapus
  2. INI SIH WINDOW MOVIE MAKERRRRRRR.. salah judul itu bos. menyesatkan..

    BalasHapus
  3. Itu kan windows movie maker.Hampir saja menyesatkan saya..

    BalasHapus
  4. waduh kalo itu sih saya dah bisa.. itu movie maker biasa. maksut saya, saya punya kumpulan video2, mau di edit, biar jadi video klip gitu, bukan foto2 yg dijadikan movie. itu namanya slide photo. tq.

    BalasHapus